Obat Impor dari China untuk RS Rujukan Corona Ternyata Jamu Masuk Angin

0

Jakarta – Protes keras dilontarkan Gabungan Pengusaha (GP) Jamu terkait importasi jamu dari China, yang dilakukan Satgas lawan covid DPR-RI. Apalagi kegiatan impor ini tidak diketahui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan industri jamu dalam negeri.

Satgas DPR-RI impor jamu secara besar-besaran untuk dibagikan ke rumah sakit rujukan corona tanpa koordinasi ke BPOM, demikian dijelaskan Ketum GO Jamu, Dwi Pertiwi.

Sementara itu, Inggrid Tania, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) menjelaskan, sejauh ini produk jamu memang secara klinis belum diuji untuk corona karena belum ada kesempatan untuk dipakai pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan

Sebelumnya, Satgas DPR-RI mengimpor tiga obat untuk RS Rujukan Covid 19. Namun salah satu obat yang diberikan tidak ada komposisinya sehingga dokter kebingungan apa isi dari obat tersebut. Adapun dari tiga obat tersebut hanya dua yang memiliki izin edar.

Setelah dikaji, ternyata jamu asal China yang didonasikan ke RS rujukan adalah jamu masuk angin. Dalam hal ini dapat mengatasi seseorang yang mengalami keluhan meriang, kembung, dan lainnya.