Menikmati Kesejukan Karanganyar Di Air Terjun Sewawar Dan Sedinding

0

Prediksi tren liburan setelah pandemi corona yaitu tren wisatawan domestik. Tidak perlu bingung harus melancong kemana, karena Karanganyar juga tersedia beragam wisata memukau dan tentunya recomended untuk dikunjungi wisatawan domestik setelah pandemi corona. Salah satunya yaitu air terjun Sewawar dan Sedinding.

Air terjun Sewawar dan Sedinding Berlokasi di desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jarak tempuh perjalanan dari kota Solo, untuk mencapai ke tempat lokasi membutuh jarak sekitar 47 kilometer dan memakan waktu kisaran 1 jam 30 menit.

Tiket masuk ke area wisata tergolong murah yaitu sebesar Rp. 4.000 per orang. Tiket ini dapat anda gunakan untuk masuk ke dua air terjun sekaligus. Selain itu dikenakan biaya parkir Rp. 2.000 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat.

Dari gerbang masuk hingga air terjun pertama anda akan berjalan 500 meter. Nantinya Anda akan menemukan persimpangan jalan, untuk menuju air terjun Sewawar maka Anda harus ke kanan, sedangkan jalan lurus adalah air terjun Sedinding.

Sesampai disana anda akan dimanjakan air terjun yang airnya mengalir melalui batuan tebing dengan aliran yang sangat deras. Ada beberapa fasilitas spot untuk berfoto di air terjun sewawar dan tempatnya cocok untuk menenangkan diri.

Setelah anda puas menikmati air terjun pertama, anda bisa langsung menuju air terjun kedua yaitu Sedinding. Untuk bisa sampai di air terjun ini Anda perlu berjalan kaki berkisar 2 sampai 3 kilometer sekitar 20 menit dari gerbang masuk dengan trek jalan menanjak.

Disekitar air terjun Sedinding terdapat bentangan kolam alami bewarna hijau yang kedalamannya sepinggang orang dewasa. Didekat situ disediakan juga ban untuk pelampung yang bisa Anda sewa.

Ashim, salah satu pengunjung wisata mengungkapkan pendapatnya mengenai kedua air terjun “dari sekian objek dari air terjun, beberapa spot yang memang sejuk dan terkesan natural, sehingga fasilitas yang didapat tampak seru seolah-olah saya adalah orang pertama yang datang kesana” ungkap ashim

Laporan Kontributor Media Guna :Hafidh Ibnu