Survei Median : Anies Terbaik Menangani Corona

0

Wabah virus Corona yang melanda tanah air tak bisa dipungkiri menjadi kesempatan masyarakat menilai kinerja para pemimpin dalam penanganan wabah tersebut.

Sebuah survei dilakukan Median untuk menilai kepala daerah yang dianggap paling baik dalam menangani wabah virus Corona. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berada di peringkat pertama dengan persentase 24,1 persen.

Survey dilakukan dalam kurun waktu 6-13 April 2020 dengan menggunakan 800 responden melalui nomor telepon. Jumlah responden dipilih secara acak dari 20.658 nomor telepon yang berasal dari survei nasional Median sebelumnya.

Survei memberikan pertanyaan pada responden, siapakah kepala daerah yang anda sukai atau paling tepat cara menangani Corona. Tingkat kepercayaan hasil survei sebesar 95 persen dengan margin eror sebesar 3,46 persen.

“Publik mempersepsikan Anies Baswedan sementara ini yang paling kuat karena publik menilai Anies paling cepat tanggap dan pertama kali berinisiatif mengambil langkah PSBB,” ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun Minggu (26/4).

Di posisi kedua ditempati Gubernur Jateng Ganjar dengan persentase 9,6 persen. Sementara di peringkat ketiga ditempati Gubernur Jabar Ridwan Kamil (8,9 persen).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berada di peringkat keempat dengan 8 persen. Dalam posisi 5 besar, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berada di posisi terbawah dengan persentase 3,7 persen.

Hasil survei juga memperlihatkan selisih persentase yang besar antara Anies di posisi pertama dengan beberapa kepala daerah di bawahnya.