MotoGP 2020 Kemungkinan Digelar Tanpa Penonton

0
Photo : Autosport

Kurang dua bulan lagi sebelum MotoGP Jerman yang dijadwalkan menjadi seri pembuka MotoGP 2020 akan dilaksanakan di Sirkuit Sachsenring, pada 21 Juni mendatang.

Melihat pandemi Covid 19 yang masih terus berlangsung, pihak MotoGP sedang mencari cara agar seri balapan tetap berjalan sesuai jadwal. Skenario balapan tertutup tanpa penonton kini tengah digodok.

Setiap tim MotoGP kabarnya telah mendapat surat email yang berisi pemberitahuan mengenai rencana balapan tertutup.

“Dalam skenario yang sekarang kami renungkan, akan ada balapan tertutup dengan kemungkinan beberapa personel tim berada di sirkuit,” ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta seperti dikutip dari Crash.

Pihak MotoGP memperkirakan total ada sekitar 1.000 staf inti yang masih akan diperlukan untuk menggelar balapan tertutup.

Berkenaan dengan rencana balapan tertutup itu, ada syarat yang harus ditaati para pebalap, staf tim dan pelaku MotoGP, yakni melakukan tes Covid-19 sebelum dan sesudah balapan.

“Kami telah menugaskan Bridgepoint melakukan 10.000 tes virus corona, untuk menguji seluruh keluarga MotoGP sebelum dan sesudah balapan,” tutur Ezpeleta.

Meski sudah menyiapkan skenario, pihak Dorna Sport selaku promotor MotoGP belum memutuskan apakah MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda sesudahnya bakal digelar secara tertutup.

“Pada 27 April, kami akan berbicara dengan Jerman dan Belanda untuk memutuskan skenario balapan pada akhir Juni. Skenario yang paling optimistis akan dimulai di Jerman, tetapi itu sulit, kami harus menunggu,” kata Ezpeleta