Jangan Sedih, Idul Fitri Diprediksi Tetap Dalam Suasana PSBB

0

Jakarta – Kabar menyedihkan datang di tengah pandemi Covid 19. Ketua tim Pakar Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 di Indonesia, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa prediksi periode puncak pandemi virus corona di Indonesia akan dimulai pada awal Mei dan berakhir sekitar awal Juni.

Dalam konferensi pers pada 16 April lalu melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Wiku menyebut Prediksi ini dikumpulkan dari penelitian yang dilakukan oleh berbagai pihak.

“Kami telah mereview dan mengombinasikan seluruh prediksi, puncak pandemi akan dimulai pada awal Mei dan berakhir sekitar awal Juni,” tutur Wiku.

Jumlah kumulatif kasus pada awal periode puncak yakni Mei diperkirakan sekitar 95.000 kasus.

Sedangkan pada Juni dan Juli, kasus kumulatif yang dikonfirmasi diperkirakan berjumlah sekitar 106.000 kasus.

“Namun, angka proyeksi tersebut bukan angka rigid. Kami melakukan upaya kolektif untuk memastikan prediksi tetaplah prediksi dan angka nyata akan menjadi lebih rendah dari prediksi tersebut,” tambah Wiku.

Jika prediksi ini benar, maka kemungkinan besar kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih akan tetap diberlakukan saat masyarakat menjalani ibadah puasa Ramadhan dan perayaan Idul Fitri.

Perayaan idul Fitri tahun ini dijadwalkan jatuh pada tanggal 23 dan 24 Mei 2020. Ini berarti, masyarakat akan menjalani perayaan idul Fitri dalam suasana yang tidak biasa alias tidak diizinkan berkumpul untuk melaksanakan sholat Ied dan silaturahim ke rumah keluarga, kerabat dan tetangga secara langsung.