Beranikah Lewandowski Menguji Ketajaman Di Luar Bundesliga?

0
Photo : Talk Sport

MUNCHEN – Siapa tidak kenal Robert Lewandowski? Penyerang Polandia ini adalah salahsatu striker papan atas di Eropa, setidaknya di kompetisi Bundesliga Jerman. Lewandowski adalah pemain asing tersubur yang pernah dimiliki FC Hollywood.

Transfermarkt merekam jumlah gol Lewandowski melewati pencapaian 139 gol Giovane Elber, penyerang asal Brazil untuk mendapatkan status istimewa tersebut. Wajar jika nama Lewandowski kerap dikaitkan dengan ketertarikan sejumlah klub elit Eropa seperti Real Madrid, MU sampai Arsenal.

Pertanyaannya, apakah Lewandowski tetap akan setajam ini jika bermain di luar Bundesliga? Bagaimana pun anggapan bahwa Liga Jerman tidak seketat dan sekompetitif Liga Spanyol, Liga Inggris dan Liga Italia masih jamak muncul.

Sebuah anggapan yang cukup berdasar jika melihat kinerja beberapa striker top Bundesliga dalam 10 tahun terakhir saat menjajal kompetisi di luar Jerman. Mereka yang tajam di Bundesliga belum tentu juga tajam saat berkiprah di luar Jerman.

Tengok kiprah Edin Dzeko. Penyerang timnas Bosnia ini merupakan striker tajam Bundesliga bersama Wolfsburg. Soccerway mencatat jumlah golnya bagi Wolfsburg di Bundesliga mencapai 66 gol dalam 111 laga selama 3,5 musim. Kualitas Dzeko saat hijrah ke Man City pada pertengahan musim 2010/2011 memang masih terjaga namun angka statistik tidak bisa berbohong bahwa performanya tidak setajam di Liga Jerman.

Jika bersama Wolfsburg Dzeko mencatat 66 gol di Bundesliga dalam 111 laga maka bersama The Citizen Dzeko memainkan jumlah laga yang 19 kali lebih banyak namun dengan torehan gol 16 kali lebih sedikit. Dzeko melalui 130 laga Liga Inggris dengan torehan 50 gol sebelum hengkang ke Serie A Italia pada musim 2015/2016.

Bersama klub ibukota itu, performa Dzeko membaik terutama di musim keduanya bersama AS Roma. Pada musim 2016/2017, pemain berusia 31 tahun itu mencetak 29 gol dalam 37 laga Serie A. Jumlah gol ini dicatat Transfermarkt sebagai rekening gol tertinggi Dzeko dalam semusim di sebuah liga domestik Eropa.  Meski demikian, Dzeko sama sekali belum memenangkan gelar juara apapun bersama AS Roma.

Miroslav Klose sedikit lebih baik daripada Dzeko. Penyerang legendaris Jerman yang tajam bersama Bayern Munich dan Werder Bremen itu mampu memenangkan Coppa Italia 2013 bersama Lazio. Klose datang ke Italia di usia 32 tahun namun masih bisa menyarangkan 54 gol dalam 139 laga Serie A.

Sebuah sinyal bahwa Liga Italia bersahabat untuk eks striker Bundesliga? Hmm, Lewandowski perlu menimbang-nimbang fakta ini jika nanti memutuskan akan hengkang kemana