Shin Tae Yong Nilai Indonesia Kurang Sigap Menangani Corona

0

SEOUL – Pelatih timnas senior Indonesia, Shin Tae Yong menilai Indonesia dan masyarakatnya kurang sigap dalam melakukan tindakan penanganan Corona. Penilaian pelatih asal Korea Selatan itu diungkapkannya sebagaimana dilansir dari News Join.

“Indonesia belum sepenuhnya menyelidiki virus Corona ini sehingga dapat dikatakan lebih banyak orang yang terinfeksi. Hanya 10% saja yang menggunakan masker di jalan” ujar Shin Tae Yong.

Pernyataan Shin cukup berdasar karena dirinya baru pulang ke Korea Selatan pada Jumat (3/4/2020). Itu artinya dia merasakan sekitar sebulan kondisi penanganan Corona di Indonesia yang baru resmi mengumumkan kejadian kasus pertama pada Senin (2/3/2020).

Shin Tae Yong juga menyoroti respon lambat PSSI dan PT LIB terkait kasus Corona. Pasalnya Liga 1 sempat masih bergulir meski disaat bersamaan pemerintah sudah mulai meningkatkan kerja dalam penanganan wabah Corona.

“Sebanyak 70.000 penonton berkumpul di sebuah laga di Jakarta. Latihan timnas juga masih disaksikan Menpora selama 3 – 4 jam,” kata Shin.

Shin Tae Yong sendiri bersama jajaran pelatih timnas sempat menyumbangkan APD ke salahsatu rumah sakit di Jakarta sebelum pulang ke Korea Selatan.