Mencium Aroma Tubuh Pasangan Mampu Buat Tidur Lebih Nyenyak

0

JAKARTA-Apakah kamu termasuk orang yang sulit sekali untuk tidur malam? Sekarang ada cara baru yang terbukti bisa mengatasinya, yaitu dengan selalu mencium aroma tubuh pasangan saat kamu hendak terlelap.

Kesulitan tidur hingga insomnia memang memberikan banyak pengaruh buruk pada kondisi tubuh. Selain kelelahan kronis, suasana hati yang berantakan, dan sakit kepala, kurang tidur juga menyebabkan banyak masalah pada kondisi fisik dan emosi seseorang.

Maka itu tidak mengherankan bila banyak orang yang mencari berbagai cara untuk mengatasinya. Mulai dari berhitung, mendengarkan lagu, hingga menenggak pil tidur, sepertinya banyak yang rela melakukan apa saja demi mendapatkan tidur yang berkualitas.

Namun sebuah studi terbaru berhasil menemukan cara lain yang terbukti ampuh meningkatkan kualitas tidur seseorang. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, aroma tubuh pasangan bisa membuat tidur kamu lebih nyenyak.

Jika kamu belum menikah atau berhubungan jarak jauh, bisa dilakukan dengan melapisi bantal atau sprei dengan pakaian pasangan kamu. “Hasil studi kami memperlihatkan bahwa hubungan dekat seseorang sangatlah penting untuk kesehatan tubuh. Lebih jauh, studi ini menekankan pentingnya aroma tubuh demi kualitas kesehatan fisik dan mental seseorang. Khususnya aroma tubuh seseorang yang kita cintai. Aromanya bisa meningkatkan kualitas tidur,” kata Frances Chen, peneliti dari Universitas British Columbia di Kanada.

Untuk membuktikan adanya korelasi antata kualitas tidur dan aroma tubuh seseorang kami mengadakan eksperimen yang menarik. Kami meminta para partisipan heteroseksual untuk mengenakan kaus selama 24 jam. Mereka tidak boleh mengenakan pengharum apa pun pada tubuh dan tidak boleh memakan makanan yang beraroma tajam, termasuk makanan pedas. Setelah 24, para pasangan setiap partisipan diberikan dua kaus. Satu kaus pasangan mereka yang tadi dipakai dan satunya kaus milik orang lain.

Para pasangan partisipan itu kemudian diminta tidur dengan bantal yang dilapisi kaus pasangan atau kaus orang lain. Ditemukan bahwa mereka yang tidur dengan kaus pasangan memiliki durasi lebih panjang 9 menit ketimbang yang tidur dengan kaus orang asing. Partisipan juga diminta melaporkan kualitas tidur mereka setiap malam. Dari situ pun ditemukan bahwa kualitas tidur akan meningkat jika mereka merasa tidur bersama pasangan.

“Efek yang kami amati dalam studi ini adalah persamaan efek antara konsumsi suplemen melatonin dan eksperimen tidur dengan kaus pasangan. Kesimpulannya, aroma tubuh pasangan bisa memengaruhi kesehatan tubuh kita dengan cara yang luar biasa,” ujar peneliti Marlise Hofer. N

Jadi, bila kita berasa jauh dari pasangan dan sedang kesulitan tidur, cobalah melapisi bantal dengan kaus yang telah ia kenakan. Dengan begitu, tidur kamu akan nyenyak dan terbangun dengan tubuh yang sega. (TOI)