Yuk, Rajin Cuci Tangan agar Terlindung dari Virus Corona

0

JAKARTA- Menyikapi penyebaran virus Corona yang hingga kini belum bisa diatasi, Ikatan Dokter Indonesia memberikan imbauan agar masyarakat melalukan beberapa pencegahan dini yang mudah dilakukan.

Melalui pers rilisnya yang diwakili Dr Daeng M Faqih SH MH, ada beberapa tindakan sederhana yang bila rutin dilakukan akan efektif melindungi diri kita dari berbagai virus, terutama Corona.

Tindakan pencegahan itu yakni:

  1. Jangan panik.
  2. Tetap waspada. Bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas, segera periksakan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.
  3. Memperbaiki gaya hidup yakni dengan menjaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik. Caranya dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70%-80%.
  4. Hindari mengusap mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.
  5. Menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin atau batuk.
  6. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala saluran napas.
  7. Istirahat bila sedang sakit.
  8. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal 3 kali per hari dan makan makanan bergizi.

IDI juga memberikan saran lain yang sebisa mungkin dilakukan pada masa penyebaran virus sekarang ini untuk menurunkan risiko tertular.

  1. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit infeksi saluran napas.
  2. Sering mencuci tangan, khususnya setelah kontak dengan pasien dan lingkungannya.
  3. Hindari menyentuh hewan atau unggas atau hewan liar.
  4. Patuhi petunjuk keamanan makanan dan aturan kebersihan.
  5. Jika merasa tidak sehat ketika kembali dari daerah outbreak terutama bila mengalami demam atau batuk, gunakan maser dan cari layanan kesehatan.
  6. Konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat penularan serta gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit. (IDIOnline.org)