Rabu, 20 Januari, 2021
Beranda News Hukum Resmi TSK, KPK Tahan Wahyu Setiawan

Resmi TSK, KPK Tahan Wahyu Setiawan

Jakarta – KPK menahan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan usai ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Dengan tangan terborgol dan mengenakan rompi orange khas tahanan KPK, Wahyu keluar dari gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat pagi (10/1/2020) pukul 01.30 WIB.

Sebelum Wahyu, KPK juga menahan tersangka lainnya yaitu Agustiani Tio Fridelina, orang kepercayaan Wahyu dan pihak swasta, Saeful, di rutan terlebih dahulu.

“Wahyu Setiawan (Rutan) Guntur, Agustiani Tio (Rutan KPK) K4, Saiful (Rutan KPK) C1,” kata Plt Jubir KPK Ali Fikri.

KPK menetapkan 4 orang tersangka yaitu Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina sebagai orang kepercayaan Wahyu Setiawan dan juga mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu, Harun Masiku sebagai calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP, dan Saeful sebagai swasta. Wahyu dan Agustiani ditetapkan sebagai tersangka penerima suap, sedangkan Harun dan Saeful sebagai tersangka pemberi suap.

Suap yang diterima Wahyu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019, meski dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu Setiawan diduga menerima duit Rp 600 juta dari Rp 900 Juta yang dijanjikan, untuk memuluskan permintaan Harun Masiku menjadi anggota DPR melalui skema PAW. Uang suap yang diminta Wahyu Setiawan dikelola Agustiani Tio Fridelina (ATF). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Must Read

Syekh Ali Jaber Tutup Usia

Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal dunia di Rumah Sakit Yarsi Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada pukul 08.30 WIB. Kabar duka ini disampaikan...