Jeep Wrangler PHEV Diluncurkan Tahun Ini

0

Jakarta – Tren mobil elektrifikasi nampaknya sedang menghinggapi jenama asal Amerika Serikat, Jeep. Setelah sebelumnya sukses meluncurkan 2 produknya yang bertenaga plug-in hybrid pada Geneva Motor Show 2019, Jeep kini dipastikan akan memperkenalkan satu lagi mobil bertenaga PHEV-nya, pada ajang Consumer Electronics Show (CES) tahun ini.

Melansir dari Autoindustriya, Jeep PHEV tersebut kabarnya akan menggunakan platform Wrangler dan mengusung emblem ‘4xe’. Meski belum dapat dipastikan terkait spesifikasi jantung mekanisnya, banyak yang menduga mobil ini akan dibekali dengan mesin 4 silinder turbocharger berkapasitas 2.0 liter dan dikombinasikan dengan motor listrik.

Dengan konfigurasi plug-in hybrid yang dimilikinya, itu artinya mobil ini dapat melaju dengan menggunakan listrik murni sejauh beberapa kilometer. Jelas, hal itu akan membuat efisiensi bahan bakar dari mobil ini jadi lebih baik dan emisi gas buang yang rendah.

Hadirnya motor listrik dinilai Jeep juga turut melipatgandakan torsi yang dimiliki oleh mobil ini. Hal itu tentunya akan sangat berguna manakala mobil ini digunakan untuk offroad atau membutuhkan akselerasi instan.

Selain memperkenalkan Wrangler PHEV, Jeep juga akan menampilkan kembali 2 mobil PHEV lainnya, yaitu Renegade dan Compass. Berbeda dari Wrangler PHEV yang diduga datang dengan mesin berkapasitas besar, dua Jeep PHEV yang telah meluncur terlebih dahulu tersebut hadir dengan mesin turbocharged berkapasitas 1.3 liter saja.

Mesin itu tentunya tetap akan didukung oleh penggunaan motor listrik. Meski memiliki spesifikasi mesin yang lebih kecil, keduanya mampu menghasilkan tenaga yang cukup besar, yaitu 188 dk untuk Renegade PHEV dan 238 dk untuk Compass PHEV.

Dengan motor listrik yang dimilikinya, kedua Jeep PHEV tersebut mampu tetap melaju sejauh 50 km dengan menggunakan tenaga listrik murni. Sedangkan untuk kecepatan tertingginya, dua mobil ini diklaim mampu melesat hingga 128 km /jam.

Hadirnya berbagai varian PHEV tersebut, merupakan bentuk komitmen Jeep dalam mengurangi emisi karbon di masa depan. Bahkan, guna mempertegas komitmennya tersebut, Jeep juga memastikan akan menawarkan opsi elektrifikasi di seluruh produknya mulai 2022 mendatang. Ajang Consumer Electronics Show 2020 sendiri rencananya akan digelar pada 7 hingga 10 Januari 2020 di Las Vegas Convention Center.