Benarkah ‘Perineum Sunning’ , Tren ‘Jemur’ Organ Intim Bermanfaat Bagi Kesehatan?

0

Jakarta -‘Perineum Sunning’, tren menjemur organ intim ini bermula dari seorang influencer kebugaran asal California, Meagan, yang langsung menjadi viral setelah ia mengunggah fotonya di media sosial tidak menggunakan busana sama sekali dan tampak sedang “menjemur” organ intimnya.

Meagan mengaku, aktivitas yang kini menjadi viral tersebut dilakukannya karena membantunya mendapatkan tidur lebih nyenyak dan berkualitas, lebih berenergi, dan mendapatkan kepuasan atau gairah bercinta yang tentunya lebih hebat.

Ia pun mengaku tidak lagi mengandalkan kopi untuk mood booster karena mendapatkan energi sama dari sinar matahari saat menjemur organ intimnya. Tidurnya pun lebih berkualitas dan tidak lagi tidur dalam waktu lama karena energi yang meningkat di tubuhnya secara keseluruhan. Namun, benarkah ‘Perineum Sunning’ ini memang bermanfaat bagi kesehatan?

Ternyata tindakan Meagan itu banyak mendapatkan kontra dari pakar kesehatan. “Tidak ada bukti menjemur organ intim memiliki efek pada kesejahteraan fisik,” kata Dr Diana Gall dari Doctor-4-U. Menurutnya justru melatih kesadaran dan meditasi akan mendapatkan dosis Vitamin D, bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik, tanpa perlu merusak kulit saat terpapar sinar matahari.

David E. Bank, MD., pendiri The Center for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery di Mount Kisco juga mengatakan bahwa aktivitas ‘Perineum Sunning’ terbilang berbahaya karena area perineum adalah area yang sangat sensitif dan seiring waktu, aktivitas tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Dr. Saedi, ahli psikologi pun mengungkapkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang bisa mendukung perilaku ini dan menganjurkan untuk melakukan alternatif yang lebih aman, seperti meditasi atau relaksasi.(insider)