Alexander Marwata: Pimpinan KPK Tak Perlu Keluar dari Instansi Asalnya

0

Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, mengaku sangat setuju jika pimpinan KPK terpilih tidak mesti keluar dari instansi asalnya.

Terlebih lagi, pimpinan KPK misalnya dari unsur jaksa dan polisi yang telah bekerja di KPK, umumnya akan mendapat kesempatan promosi jabatan setelah kembali ke instansi asalnya.

“Kasihan juga teman-teman Kepolisian dan Kejaksaan kalau misalnya balik, misalnya di KPK 10 tahun masih 4A teman-teman selevel dia (sudah) 4C, kan kasihan,” kata Alex kepada wartawan di kawasan Menteng Dalam, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).

Menurut Alex, yang paling penting adalah mereka (pimpinan) yang sudah dapat ilmu di KPK, bisa mengaplikasikan nilai pemberantasan korupsi saat kembali bekerja di instansinya masing-masing.

“Jadi tetap kita perhatikan karir yang bersangkutan di instansi asal, dan kita juga sudah komunikasi kepada pimpinan Kejaksaan dan Kepolisian itu bisa promosi. Harapannya ketika dia di isntasi asalnya dia mengeluarkan nilai-nilai yang didapatkan di KPK,” lanjut Alex.

Alex menjelaskan setiap pegawai atau pimpinan di lembaga antirasuah, namanya masih tercatat di instansi tempat mereka bekerja sebelumnya.

Ia mencontohkan, dirinya hingga kini masih tercatat sebagai pegawai di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) namun dirinya sama sekali tidak menerima gaji dari BPK P sejak menjadi Pimpinan KPK