Amanah, Berprestasi dan Tidak Korupsi, Firli Bahuri ‘diganjar’ Posisi Kabaharkam Polri

0

Jakarta – Kapolda Sumatera Selatan, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Firli Bahuri mendapat promosi jabatan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Mutasi Firli Bahuri tertuang dalam surat telegram bernomor ST/3020/XI/KEP./2019 yang terbit pada Jumat, 8 November 2019. Surat telegram tersebut diteken Asisten Kapolri bidang SDM (As SDM) Irjen Eko Indra.

Dengan dipromosikannya Firli sebagai Kabaharkam, Firli akan menyandang pangkat jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol). Ketua KPK terpilih ini, menggantikan Komjen Condro Kirono yang akan memasuki masa pensiun.

Sepeninggalan Firli, Jabatan Kapolda Sumsel akan diisi oleh Irjen Priyo Widyanto, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Sementara Jabatan yang ditinggalkan Priyo akan diisi oleh Irjen Muktiono, yang saat ini menjabat sebagai Koorsahli Kapolri.

Komite Masyarakat Pemantau Korupsi (KOMAPKOR), Agus Salahudin mensinyalir, promosi Firli Bahuri sebagai Kabaharkam tak lain karena track record-nya yang sangat baik selama berkarir di Korps Bhayangkara.

“Kita sudah kaji Firli Bahuri sejak namanya mulai ramai saat ‘ditendang’ dari KPK,” kata Agus Salahudin kepada wartawan, Jum’at (8/11/2019).

Menurut Agus, tudingan dan isu negatif yang dialamatkan kepada Firli, malah berbalik positif setelah pria kelahiran Sumatera Selatan ini, terpaksa menjawab semua tudingan dan isu negatif tersebut, saat menjalani uji kelayakan sebagai calon Pimpiman KPK di Komisi 3 DPR RI.

“Amanah, jujur, berprestasi serta memiliki sisi kemanusiaan yang sangat tinggi dan ditambah tidak pernah korupsi, saya yakin itu alasan Polri ‘mengganjar’ Firli jabatan Kabaharkam Polri”, pungkas Agus.