Jumat, 27 November, 2020
Beranda News Internasional Donald Trump Pastikan Pemimpin ISIS Tewas

Donald Trump Pastikan Pemimpin ISIS Tewas

Presiden Amerika Serikat (AS) berani menjamin bahwa pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, telah tewas meledakkan diri. Trump bahkan menyebut Baghdadi sempat ketakutan dan terjebak di dalam terowongan saat melarikan diri bersama ketiga anaknya di Provinsi Idlib, Suriah, dari serangan tentara AS.

“Amerika Serikat memberitakan kepada dunia, pemimpin teroris nomor satu di dunia Abu Bakar al-Baghdadi telah tewas,” kata Trump saat mengumumkan kematian al-Baghdadi di Gedung Putih, Washington DC, Minggu (27/10), dikutip dari Reuters.

Dia (Baghdadi) mencapai ujung terowongan ketika anjing-anjing [militer] kami mengejarnya. Dia lalu mengenakan rompinya, membunuh dirinya sendiri dan ketiga anaknya. Tubuhnya termutilasi oleh ledakan. Terowongan itu ikut runtuh,” ujar Trump.

Trump mengklaim, dalam serangan tersebut, tidak ada satu pun pasukannya yang tewas. Hanya ada beberapa pasukan dan anjing militer yang mengalami luka ringan.Baghdadi merupakan sosok yang paling diburu AS. Baghdadi mulai bersembunyi setelah kekuatan ISIS sirna di Suriah dan Irak akibat serangan koalisi Barat dan Timur Tengah. Dia bersama keluarganya hidup berpindah-pindah tempat, tapi diduga tidak jauh-jauh dari perbatasan Irak, Suriah, dan Turki.

Sejak 2015, setidaknya Baghdadi pernah tujuh kali diisukan tewas. Namun, kabar itu selalu terbantahkan lantaran Baghdadi kembali muncul dan melancarkan aksinya. Terakhir adalah pada April 2019, yang memuji serangan simpatisan ISIS ke tiga gereja Sri Lanka, menewaskan 259 orang.

Sesaat sebelum kematiannya, Baghdadi diduga melarikan diri ke perbatasan Suriah-Turki. “Sumber kami di dalam Suriah mengkonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang bertugas mengejar Baghdadi bahwa dia terbunuh bersama para pengawal pribadinya di Idlib setelah persembunyiannya diketahui ketika dia akan mengeluarkan keluarganya dari Idlib ke perbatasan Turki,” ujar sumber Reuters.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Legenda Sepakbola Indonesia, Ricky Yakobi Tutup Usia

MediaGuna-Jakarta. Dunia Sepakbola Indonesia dirundung duka. Pasalnya, Striker legendaris timnas Indonesia Ricky Yacobi meninggal dunia. Ricky Yacobi meninggal...