Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi Hingga Selasa Siang,10 Profesional & 8 dari Parpol

0

Jakarta – Presiden Jokowi terus memanggil sejumlah kalangan untuk menduduki kursi Menteri dalam kabinetnya. Hingga Selasa (22/10) siang udah 18 tokoh yang dipanggil Jokowi ke Istana.

Dari 18 tokoh yang dipanggil sejak Senin (21/10) kemarin, sebanyak 10 diantaranya merupakan yang berasal dari non partai. Dan 8 orang merupakan tokoh partai politik.

Catatan Mediaguna, 10 tokoh non parpol yang dipanggil Jokowi yaitu, pendiri Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama, Netmediatama, Wishnutama, Mahfud MD, mantan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, mantan Staf Khusus Mensesneg Nico Harjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Erick Thohir, Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Fadjroel Rachman, mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimulyono, dan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Adapun tokoh yang berasal dari partai politik yaitu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo, politikus Nasdem yang juga mantan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, Syahrul Yasin Limpo, politikus Partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang, Plt Ketua Umum PPP Suharso Manoarfa, Wakil Bendaraha Umum PDI Perjuangan Julari Batubara dan Ketua Umum Golkar yang juga mantan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Jokowi sendiri mengatakan, bahwa kabinet periode keduanya nanti akan diisi oleh 45 persen dari partai politik dan 55 persen dari non partai.