Cara Unik Pemprov Sumatera Selatan Memperkenalkan LRT ke Publik

0

Palembang – Jika Anda berwisata ke Sumatera Selatan khususnya Palembang, banyak sekali destinasi yang dapat anda kunjungi yang tersebar di seluruh wlayah Palembang, Sumatera Selatan.

Untuk mencapai tempat-tempat wisata tersebut, para wisatawan maupun warga Palembang dapat menggunakan LRT yang saat ini semakin lengkap fasilitasnya yang dibuat oleh Pemprov Sumatera Selatan, contohnya toilet, musolah, tempat ibu menyusui dan lain lain.

“LRT ini termasuk ramah untuk penyandang disabilitas, dilengkapi toilet khusus serta ada lift untuk disabilitas. Ruang tunggu juga nyaman, full AC,” kata Kadispenda Pemprov Sumsel, Neng Muhaiba kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

Untuk lebih mengenalkan LRT kepada wisatawan, Pemprov Sumatera Selatan dalam hal ini Kadispenda kerap mengajak rekan-rekan nya dan warga di akhir pekan untuk naik LRT sekaligus memperkenalkan moda transportasi satu-satunya yang ada di Indonesia saat ini.

Suasana sosialiasi LRT oleh Kadispenda Pemprov Sumsel, Neng Muhaiba, Jumat (18/10/2019).

Selain itu Pemprov juga memiliki kebijakan yaitu mewajibkan seluruh pegawai negeri yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel untuk menaiki LRT minimal seminggu sekali.

“Kenapa ini dilakukan pertama untuk mengurangi polusi, kedua moda transportasi ini satu-satunya yang bebas dari kemacetan karena dengan pertumbuhan ekonomi penduduk dan wilayah Palembang saat ini, sudah macet jadi seperti itu,” ujarnya.

“Yang ketiga kepada warga dari bandara tidak perlu dijemput lagi pakai mobil, cukup jemput di bandara bawa ke LRT bisa ke rumah masing masing,” tambahnya.

Salah satu warga Palembang, Jangkit Nusirwan mengatakan, sosialisasi yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel ini sangat tepat, karena dilakukan langsung oleh Kadispenda dengan menemui warga.

“Dia langsung memperkenalkan benar-benar mengena, biasanya kan sosialisasi dilakukan oleh anak buah ini seorang kepala dinas yang datang sosialisasi,” kata Jangkit.

Warga tampak antusias mengikuti sosialisasi oleh Kadispenda Pemprov Sumsel, Neng Muhaiba

Wisatawan lainnya asal Jakarta, Destri Kusumasari mengaku takjub dengan LRT yang ada di Palembang. Dia berharap bahwa LRT yang ada di Jakarta nanti harus sebaik yang ada di Palembang.

“Baik dari segi pelayanan, infrastruktur, fasilitas, keamanan dan lain-lain,” tutupnya.