Aw.. Pelawak Tessy Dulunya Marinir Loh

0
Pelawak Kabul Basuki alias Tessy

Jakarta – Siapa yang tak kenal Tessy, pelawak legendaris group lawak Srimulat, yang selalu berperan sebagai pria kemayu dalam setiap penampilannya dipanggung maupun dalam layar kaca.

Tapi, siapa yang menyangka atau percaya jika Tessy yang gemulai ini, dulunya prajurit Marinir TNI AL?.

Ya! pemilik nama asli Kabul Basuki ini, tercatat sebagai anggota KKO TNI Angkatan Laut (sekarang Korps Marinir), bahkan Tessy terlibat dalam operasi pembebasan Irian Barat pada tahun 1961-1963.

Lantaran tak kunjung mendapat restu sang ibu, Kabul Basuki akhirnya menanggalkan seragam tentara, lalu memulai karir di dunia hiburan dengan bergabung grup lawak Srimulat pada tahun 1979 dengan nama panggung Tessy.

Kabul Basuki sukses mengubah image tentara pada dirinya. Tak dinyana, pria dengan potongan rambut cepak berwibawa ini, sukses melakoni peran pria kemayu bahkan seringkali tampil sebagai waria dengan ciri khas kosmetik tebal, bibir monyong, cincin batu akik bermata besar yang melingkari jari-jari tangannya, serta logat Suroboyoan yang sangat kental. 

Baca juga : https://mediaguna.com/2019/10/05/peringatan-hut-tni-ke-74-berpusat-di-lanud-halim-perdanakesuma/

Meski berperan kemayu, Tessy tak bisa menyembunyikan naluri ke laki-lakiannya karena terlihat sering menggoda artis wanita yang sepanggung dengannya. 

Gaya kemayu ini pertama kali dipakai Tessy saat ia berperan sebagai petugas Hansip. Saat itu, Tessy spontan berimprovisasi untuk menghidupkan suasana dengan bertingkah kemayu layaknya seorang waria.

Karena sukses, Basuki yang dikenal dengan nama Tessy Ratnasari, Tessy Lupita Jones atau Tessy Van Lontong, sejak saat itu selalu berperan sebagai pria kemayu dan waria dalam setiap pementasannya.