Yuk, Belajar Mencintai Diri Sendiri

Semakin Anda bisa membuat diri merasa utuh sebagai individu, Anda akan semakin menghargai diri sendiri.

0

Jakarta-Anda selalu bekerja keras untuk melakukan hal yang terbaik dengan karier, hubungan, atau keterampilan. Namun, terkadang Anda lupa melakukan yang terbaik untuk diri sendiri.

Padahal, berusaha untuk mengembangkan rasa cinta kepada diri sendiri merupakan hal penting. Semakin Anda bisa membuat diri merasa utuh sebagai individu, Anda akan semakin menghargai diri sendiri.

Berikut beberapa cara yang efektif untuk meningkatkan rasa cinta terhadap diri sendiri:

1. Beri ruang untuk merasakan emosi

Ketika terpancing amarah hingga menimbulkan sakit dalam diri atau mungkin muncul perasaan marah tanpa sebab, jangan salahkan diri Anda. Hal itu hanya akan membuat stres. Sebaliknya, beri ruang untuk emosi atau cobalah untuk menyerah dengan perasaan. Perhatikan di mana tubuh bisa merasakan sakit. Dengan kesabaran, kasih, dan pengertian, Anda akan tahu siapa diri Anda sesungguhnya.

2. Belajar berempati untuk diri sendiri

Mulai perlakukan diri seperti Anda memperlakukan teman atau oang-orang yang dicintai. Bersikap lembutlah dengan diri sendiri terutama ketika mengalami ketakutan atau kecemasan. Beri dorongan untuk membuat diri merasa lebih baik dan lebih mencintai diri sendiri.

3. Terima keunikan Anda

Salah satu hal yang bisa membuat diri Anda sakit yakni lantaran Anda menahan sifat sejati Anda dan mengabaikan keinginan dan impian yang terpendam demi memenuhi harapan orang lain. Biarkan diri Anda hidup sebagai Anda yang sebenarnya, ini adalah salah satu hal yang paling berharga yang dapat Anda lakukan, dan itu dapat memperkaya hubungan Anda dengan diri Anda sendiri.

4. Ingat rasa kemanusiaan

Sadarilah bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang merasa lemah, tidak aman, atau sering mengkritik diri sendiri. Ingat bahwa semua orang berjuang dan berusaha untuk melakukan yang terbaik. Dengan mengingat rasan kemanusiaan, Anda bisa dengan mudah menghilangkan tekanan dalam diri dan tidak merasa begitu terisolasi atau sendirian.

5. Berlatih bersyukur untuk diri sendiri

Fokus pada semua hal yang luar biasa yang Anda terima, bahkan pengalaman pahit sekali pun. Cara ini dapat menghilangkan energi negatif dalam diri dan mengalirkan lebih banyak energi positif yang pada akhirnya akan membuat Anda semakin menemukan jati diri Anda.