Siapa Pengganti Imam Nahrawi Sebagai Menpora?

0
ist

Jakarta – Usai Imam Nahrawi mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) karena tersangkut kasus korupsi, muncul pertanyaan, siapa yang akan ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengisi jabatan tersebut. Apakah akan langsung menunjuk Menteri atau menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) hingga pengumuman kabinet periode keduanya nanti.

“Itu tentu hak prerogatif presiden, kita nggak bisa masuk di situ, kita tunggu saja,” kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin kepada wartawan, Kamis (19/9/2019).

Sementara itu, pakar hukum tata negara, Refly Harun menilai, Jokowi bisa saja kembali menunjuk langsung kursiMenteri yang ditinggal Imam, namun kursi itu akan kembali diisi pada kabinet Jokowi jilid II.

“Kalau dia sudah punya calon kan dia bisa kerja lebih awal, kalau dia nggak punya calon, ya itu dilaksanakan dirangkap aja sama menteri yang lain, ya terserah menteri apa, pokoknya dirangkap menteri lain,” ujar Refly dihubungi wartawan.

Hal serupa pernah terjadi pada akhir-akhir pemerintahan SBY tahun 2014 silam ketika mengangkan Lukman Hakim sebagai Menteri Agama menggantikan Suryadharma Ali.

“Itu pernah terjadi dengan Lukman Hakim Saifuddin, waktu itu kan Lukman Hakim menggantikan Suryadarma Ali, lalu kemudian diangkat lagi bahkan dia terpilih sebagai anggota DPR dia mundur,” tandas Refly.

Sederet nama pun muncul untuk menggantikan Imam, diantaranya politikus PDIP Maruarar Sirait. Ia dikenal cukup dekat dengan Presiden Jokowi. Bahkan Maruarar nyaris menjadi Menteri pada tahun 2014 silam.