Tiru Australia, Jokowi Sayembarakan Ibu Kota Baru

0

Jakarta – Presiden Jokowi menegaskan akan membuka sayembara terkait pemberian nama Ibu Kota baru yang rencananya terletak di Kabupaten Penajam Paset Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara di Provinsi Kalimantan Timur.

Sayembara tersebut akan terbukan untuk masyarakat umum, demi menjaga keterbukaan dan memunculkan kompetisi di tengah warga. Tak hanya nama Ibu Kota, Jokowi juga sayembarakan desain istana kepresidenan.

Beberapa Sayembara tersebut akan dikelola oleh oleh Badan Otorita Ibukota Baru. Badan itu akan segera dibentuk dalam waktu dekat oleh Presiden Jokowi. Terkait desain Ibu Kota baru, Jokowi berharap kota tersebut akan ramah lingkungan dan menjadi kota industri kreatif. Tak hanya itu, Ibu Kota baru Indonesia itu nantinya bisa mejadi kota yang memiliki teknologi tinggi, dengan transportasi umum yang baik pula.

Wacana membuat sayembara untuk Ibu Kota baru Indonesia ini, jauh sebelumnya sudah pernah dilakukan oleh Australia. Tepatnya pada 30 April 1911, pemerintah Australia saat itu membuka sayembara untuk mendesain kota Canberra, sebagai Ibu Kota barunya.

Tak hanya dari Australia, total ada total 130 arsitek yang ikut terlibat dalam sayembara tersebut, baik dari Amerika Utara dan Eropa.